Monday, 29 February 2016

Perkembangan Usaha Clothing Dan Distro Di Indonesia

Distro sudah menjadi sebuah fenomena baru yang hadir khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Keberadaan distro menjadi sebuah tren setter untuk menghadirkan gaya busana remaja dan anak muda dengan berbagai macam keunikan dan kelebihannya. Saat ini perkembangan industri fashion berkembang dengan pesat, ditandai dengan berdirinya distro-distro sebagai outlet yang menjual produk fashion yang diproduksi oleh usaha konveksi. Distro merupakan singkatan dari distribution store yang sudah sangat populer di Bandung, Jakarta dan Yogyakarta. saat ini kota Jogja sebagai salah satu kota yang banyak terdapat distro yang menjadi pengikut trend ini. Salah satu keunikan distro yang menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda mulai dari remaja hingga kalangan dewasa. selain itu keunikan suasana dan lingkungan didalam distro itu juga menjadi faktor pendorong dalam perkembangan distro. Kelebihan lain dari distro adalah keunikan desain dan limited stock dari barang yang ditawarkan sehingga sangat susah mendapatkan satu desain yang sama di satu store. Desain yang unik ini merupakan kontribusi dari desainer-desainer muda yang berbakat yang menjadikan distro sebagai wadah positif dalam penumpahan ide dan emosi yang labil dalam jiwa mereka.

Berikut akan saya jelaskan sedikit pengertian tentang Clothing dan pengertian Distro.
Clothing adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-shirt. Istilah lengkapnya adalah Clothing Company atau perusahaan yang memproduksi pakaian jadi di bawah merek sendiri, clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi. Pakaian jadi ini sebagian besar adalah t-shirt yang kemudian berkembang ke berbagai perlengkapan yang menunjang gaya hidup seperti shirt, longpant, jacket, sweatshirt, bag, slingbag, polo shirt, kanvas bag, beanie, bahkan assesoris seperti gelang dan pin.
Sedangkan distro merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang fungsinya menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya (t-shirt, tas, dompet, jaket, dan lain-lain) yang belum punya pemasaran sendiri ataupun sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, maka tentunya clothing company sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan.

Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap desainnya. Beberapa Clothing Company memang membatasi kuantitas produknya dengan hanya satu kali produksi untuk satu desain. Bisnis dalam bidang clothing atau distro memang tidak akan ada habisnya, selain desain yang selalu mengikuti trend, bahan kaos sebuah distro sangat diutamakan untuk sebuah kualitas yang bagus. Hal ini sangat memicu kenyamanan konsumen terhadap clothing kita, sehingga clothing kita akan semakin dikenal dengan ciri khas mulai dari bahan maupun dari segi desain yang limited atau terbatas. Konsep sebuah distro kini sangatlah kreatif, dilihat dari arsitektur bangunan sebuah distro, penataan ruangan dengan berbagai assesoris dan menyediakan cafe didalam sebuah distro menjadi daya tarik sendiri untuk memancing konsumen. Selain tata ruangan yang bersih dan nyaman,konsumen akan betah untuk berbelanja karena suasana pelayanan didalam distro juga memiliki suasana akrab sehingga konsumen merasa nyaman untuk mampir dan berbelanja.

Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa perkembangan usaha dibidang clothing dan distro memang tidak akan ada habisnya, maka dari itu usaha ini sangat cocok digunakan untuk usaha anda. Dilhat dari peluang yang tidak akan ada habisnya sesuai dengan kebutuhan sandang yang akan selalu dibutuhkan mulai dari kalangan muda,remaja dan dewasa. dengan konsep yang unik dan berbeda akan menambah daya tarik tersendiri untuk setiap pengunjung store anda :)


Sumber : Internet.